Cara Merekam di Android tanpa ROOT

Cara Merekam di Android tanpa ROOT



Kebanyakan aplikasi yang membawa fungsi perekam layar Android mengharuskan gadget memiliki akses ROOT. Nah, masalahnya tak semua pengguna gadget Android telah me-ROOT smartphone atau tabletnya.

Lalu bagaimana jika kamu pengen merekam aktivitas di gadget yang masih perawan atau blm di ROOT...? Gampang broo, pakai saja aplikasi AZ Screen Recorder. Aplikasi ini tidak membutuhkan akses ROOT. namun terdapat syarat lainnya, yaitu Versi OS Android ente harus Lollipop 5.0 ke atas... Berikut tips-nya :

1. Unduh dah install terlebih dahulu aplikasi AZ Screen Recorder di sini.

2. Jalankan aplikasi AZ Screen Recorder. Ditengah-tengah layar akan muncul 4 buah tombol yang masing-masing fungsinya adalah Record, Setting, Output Directory, dan Exit.



3. Sebelum merekam layar, ada baiknya kamu melakukan pengaturan terkait dengan proses perekaman. Tekan tombol Settings ( Tombol kedua dari kiri ) untuk mengakses menu Settings. Di dalamnya kamu dapat mengatur tinggat Bit-rate video ( Semakin tinggi detail video akan semakin baik, tetapi ukurannya semakin besar ), Resolusi, Frame Rate ( Semakin tinggi Frame Rate, maka video semakin mulus jalannya ), memilih direktori penyimpanan video ( Output Directory ), dan lainnya. Silahkan lakukan pengaturan sesuai keinginan kamu sendiri.




4. Jika suda kembali ke halaman sebelumnya dan mulailah merekam dengan menekan tombol Record ( paling kiri ). Muncul peringatan bahwa aplikasi akan mulai merekam. Hilangkan centang pada opsi Don't show again agar peringatan ini tidak akan muncul lagi ketika kamu ingin merekam lagi. Tekan tombol Start Now untuk memulai merekam.




5. Proses perekaman layar akan berjalan, dan informasi ini bisa di lihat dengan adanya ikon video di sudut kiri bar notifikasi gadget kamu. Kamu bisa merekam aktifitas layar tanpa batasan durasi waktu, tergantung dengan besar kapasitas penyimpanan ( Internal atau Eksternal kamu, di tentukan saat kamu memilih direktori penyimpanan video pada menu Settings tadi ). Untuk menghentikan sejenak rekaman ( Pause ) atau selesai ( Stop ), tarik bar notifikasi untuk mengakses kedua fungsi tersebut.




6. Jika kamu memilih selesai ( Stop ) merekam video, maka akan muncul informasi bahwa video berhasil di rekam. Tekan notifikasi untuk memutar Video. Selain itu terdapat 3 pilihan lain, yaitu berbagi ( Share ) video, menghapus video, dan memotong ( Trim ) video.



7. Tekan tombol Output Directory ( Tombol ketiga di menu ) untuk melihat semua video yang telah di rekam. Di menu ini kamu juga bisa menghapus video yang sebelumnya sudah di rekam.



Cukup sekian Broo, Video yang suda di rekam bisa langsung di putar dengan berbagai macam Video Player yang ada di gadget kalian. Trima kasih... Mas Adi

NO SPAM Comment!
EmoticonEmoticon