Cara Mengatasi Akun Xiaomi yang Terkunci Mi Cloud ( This Device is Locked )

Cara Mengatasi Akun Xiaomi yang Terkunci Mi Cloud ( This Device is Locked )

Cara Mengatasi Akun Xiaomi yang Terkunci Mi Cloud ( This Device is Locked )

Salah satu fitur penting smartphone dengan OS Xiaomi adalah Mi Cloud atau Mi Account, yang menghubungkan sistem smartphone Xiaomi dengan server pusatnya di Cina, sekaligus memberi fasilitas keamanan yang cukup handal. Sayangnya, terkadang ada yang meremehkan Mi Acccount ini, sehingga muncul kasus akun Xiaomi terkunci, atau This Device is Locked.

Apple iOS memiliki iCloud sebagai standar keamanan untuk iPhone dan iPad, yang menjamin perangkat iOS tersebut aman privasinya, sekaligus membantu penggunanya masih bisa menemukan sekaligus mengunci perangkat mereka seandainya hilang atau dicuri. Demikian juga dengan Xiaomi yang memiliki Mi Cloud (bisa diakses melalui https://i.mi.com), yang menjadi bagian fitur Mi Account.

Mi Account, atau Akun Mi ini begitu penting bagi pengguna smartphone Xiaomi. Bahkan ketika pertama memiliki smartphone Xiaomi, hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuat Akun Mi ini. Ada alasannya, karena fungsinya memang sangat penting.

Bukan sekadar cloud storage (disediakan gratis 5GB) untuk menyimpan foto, video, sinkronisasi kontak, mencadangkan catatan penting, media paling baper karena bisa memunculkan kembali SMS lama bareng mantan, hingga yang kerap disepelekan, Find Device (untuk menemukan lokasi dimana Xiaomi yang hilang), serta mengunci Xiaomi yang terhubung dengan Akun Mi tertentu.

Fungsi terakhir tersebut yang kerap akan kami angkat kali ini. Smartphone Xiaomi yang terhubung Akun Mi, terutama yang sudah MIUI 8 dan kemudian dijual, atau mungkin hilang, maka kemungkinan besar akan terkunci ketika digunaka dengan kartu SIM yang berbeda. Bahkan status Akun Xiaomi Terkunci Mi Cloud (ditandai dengan tulisan This Device is Locked) ini pun sampai pada taraf yang tidak mungkin ditembus meskipun dengan melakukan install ulang software-nya.

Selain karena digunakan dengan kartu SIM yang berbeda (masalah umum jika pengguna menggunakan kartu SIM dengan paket data yang sekali habis langsung dibuang), masalah akun Xiaomi terkunci Mi Cloud ini juga bisa terjadi karena pengguna melupakan password Akun Mi mereka. Namun hal itu bisa dengan mudah diatasi dengan me-reset password melalui laman i.mi.com.




Lain ceritanya jika smartphone tersebut dibeli dari orang lain, yang ternyata lupa di-sign out, dan mungkin saja pemilik sebelumnya juga enggan membantu membukanya dengan alasan apa pun. Pasti menyusahkan bukan, karena di-flash ulang software-nya pun tidak membuahkan hasil.

Sebenarnya ada satu cara yang 100% berhasil untuk mengatasi masalah akun Xiaomi terkunci, yaitu dengan cara menghubungi layanan purna jual resmi Xiaomi di Indonesia. Dan lebih baik lagi, ternyata Xiaomi Indonesia juga bisa membantu masalah akun Xiaomi terkunci ini meskipun smartphone yang kalian gunakan bukan resmi yang dijual Xiaomi Indonesia, alias, bergaransi distributor.

NO SPAM Comment!
EmoticonEmoticon