Cara Mengolah Biji Kopi Menjadi Bubuk Kopi

Tags

Cara Mengolah Biji Kopi Menjadi Bubuk Kopi

Cara Mengolah Biji Kopi Menjadi Bubuk Kopi

Minuman ini terkenal dengan Khasiatnya dalam menahan rasa mengantuk, terutama bagi kita yang suka bergadang. Selain itu kopi juga memilik efek lainnya yang baik maupun yang kurang baik untuk kesehatan tubuh. 

Sebagian besar dari kita mungin sudah paham, ada banyak cara dalam mengolah minuman kopi, mulai dari cara yang Tradisional hingga cara yang lebih modern dengan menggunakan teknologi. Saat ditemukannya kopi untuk pertama kali, kopi dikonsumsi dengan cara dimakan bersama lemak hewan dan anggur. Setelah kopi sampai di Arab, pengolahan kopi mulai berubah. Pada saat itu orang-orang Arab mengkonsumsinya dencan cara merebusnya terlebih dahulu lalu diminum. Ada dua cara penyajian kopi yang sangat umum dilakukan, sebagai berikut :

1. Kopi Seduh atau yang lebih dikenal dengna Kopi Tubruk. Merupakan jenis pengolahan yang paling umum digunakan dalam mengolah minuman kopi. Cara membuat kopi tubruk sangatlah mudah dan semua orang pasti dapat melakukannya, hanya dengan menuangkan bubuk kopi kedalam gelas lalu seduh dengan air panas. Sisi negatif dalam membuat kopi tubruk adalah dengan apasnya, dimana setelah diolah tidak dapat langsung dikonsumsi dan harus menunggu hingga ampas kopinya turun. Tapi Kopi Tubruk juga dapat disajikan dengan gelas presser yang berguna untuk menyaring ampas kopi tersebut.

2. Mungkin yang satu ini terdengar cukup asing di telinga kalian, yaitu Espresso Brewing. Cara ini merupakan sebuah jenis pengolahan kopi menggunakan mesin bertekanan tinggi yang mengekstrasi kopi yang menghasilkan intisari kopi dan crema. Jenis pengolahan ini sering kita jumpai jika kita daang kesebuah cafe ataupun coffee shop, dimana pengolahannya menggunakan mesin espresso. Espresso juga memiliki cita rasa serta kualitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan kopi tubruk dan tidak memiliki ampas. Tidak semua orang dapat mengoprasikan serta mengolah kopi dengan mesin espresso ini, untuk mengolahnya harus memiliki keahlian dan teknik untuk melakukannya. Orang yang dapat mengoperasikan mesin espresso disebut sebagai Barista, tidak hanya sebagai sebutan Barista juga telah menjadi deskripsi pekerjaan di jaman ini.

Berikut Cara Pengolahan Biji Kopi Menjadi Bubuk Kopi


1. Pengupasan Kulit Ari
Pemisahan ini bertujuan untuk memisahkan biji kopi yang sudah kering dari kulitnya. Proses ini bisa kita kerjakan dengan manual atau supaya hasil yanng didapat lebih maksimal bisa menggunakan mesin pengupas biji kopi.

2. Sortasi Biji Cacat
Tahap ini dilakukan dengan tujuan untuk membersihkan kopi dari Kopi berkulit dan juga dari kotoran seperti pasir, krikil ataupun kotoran lainnya yang masih menempel.

3. Sangrai Biji Kopi
Kunci dari pengolahan Kopi Bubuk itu terletak pada proses Sangrainya. Penyangraian ini bertujuan untuk mendapatkan biji kopi yang berwarna cokelat kehitaman. Proses penyangraian ini bisa dilakukan dengan cara yang cukup sederhana, yaitu dengan menggunakan wajan penggoran denan api yang sedang. Selanjutnya kopi di dinginkan dan dihamparkan pada sebuah tampi dan dibiarkan sampai kopi benar-benar menjadi dingin.

4. Penggilingan Pertama
Setelah biji kopi sudah menjadi dingin, langkah selanjutnya yaitu penggilingan, proses penggilingan ini bertujuan untuk mendapatkan bubuk kopi, bisa juga dilakukan dengna menggunakan mesin penggiling biji kopi.

5. Penggilingan Kedua
Penggilingan biji kopi yang kedua bertujuan agar bubuk kopi yang dihasilkan bisa menjadi lebih halus secara sempurna. Penggilingan kedua ini bisa dilakukan dengan menggunakan mesin yang sama.

6. Pengayakan
Pengayakan kopi dilakukan untuk menyaring kopi bubuk yang telah digiling oleh mesin. Pengayakan dilakukan menggunakan ayakan manual yang terbuat dari plastik.

Begitulah Cara Mengolah Biji Kopi Menjadi Bubuk Kopi. Semoga dengan informasi yang singkat diatas bisa menjadi referensi untuk kalian yang ingin memproduksi kopi bubuk buatan sendiri. Slamat mencoba ya...

NO SPAM Comment!
EmoticonEmoticon