Manfaat Dari Minum Kopi Hijau Dan Efek Samping Bagi Tubuh

Manfaat Dari Minum Kopi Hijau Dan Efek Samping Bagi Tubuh

khasiat dari meminum kopi hijau

Kopi Hijau ialah biji kopi dari buah Coffea yang belum dipanggang. Karna proses pemangganan biji kopi dapat mengurangi jumlah asam klorogenat, biji kopi hijau memiliki tingkat asam kloregenat yang lebih tinggi dibandingkan dengan kopi biasa. Beberapa penelitian menunjukan Green Coffe dapat mengurangi penyerapan karbohidrat dari saluran pencernaan dan menurunkan Gula Darah.

Kopi Hijau menjadi populer untuk menurunkan berat badan setelah ditampilkan pada acara Dr. OZ di tahun 2012 yang lalu. Dalam acara itu disebutkan bahwa biji kopi jenis ini dapat membakar lemak dengan cepat tanpa olahraga tambahan sekalipun. Ada juga orang yang mengkonsumsinya untuk mengobati Obesitas, Diabetes, Hipertensi, Alzheimer dan Infeksi Bakteri.

Seperti yang anda ketahui, disekitar anda banyak sekali produk Alami yang bisa membantu untuk membakar lemak didalam tubuh, salah satunya Kopi Hijau yang bisa dikonsumsi secara alami. Tentu jika dikombinasi dengan Olahraga maka hasilnya pun akan lebih Cepat.


Manfaat dan Efek Samping dari Kopi Hijau Bagi Tubuh


Manfaat dari Minum Kopi Hijau

Ekstrak dari Biji Kopi Hijau telah menunjukan banyak manfaat bagi kesehatan, menurut studi ilmiah. Komponen utama yang memberi manfaat ialah Kafein dan Asam Kloregenat, meskipun beberapa dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Berikut adalah Khasiat Minum Kopi Hijau :

1. Menurunkan Berat Badan
Menurut Penelitian yang diterbitkan bulan maret 2006 di BMC Complementary and Alternative Medicine, suplemen harian ekstrak biji kopi hijau dapat mengurangi lemak dalam tubuh dan berat badan, serta komposisi lemak di hati pada tikus. Pada Penelitian tersebut terlihat kafein dan Asam klorogenat sebagai senyawa utama untuk menurunkan berat badan. Asam Korogenat yang terdapat pada biji kopi yang belum dipanggang dapat ddicerna dan diserap oleh manusia sama seperti yang terdapat pada ekstraknya.

2. Meningkatkan Mood dan Kinerja Kognitif
Kafein yang ada pada Kopi Hijau memiliki efek yang posisif pada suasana hati dan juga pada aktivias otak anda. Menurut penelitian pada bulan Februari 2008 di Nutrition Bulletin, beberapa study setah menginformasi bahwa kafein dapat meningkatkan reaksi waktu, kewaspadaan, memori, fokus, ketahanan tubuh dan berbagai faktor lain dari kinerja kognitif. Peneliti menemukan bahwa asupan optimal kopi hijau adalah sekitar 38 - 400mg perhari atau menjadi sepertiga cangkir untuk emapt cangkir kopi seduh.

3. Menurunkan Darah Tinggi
Selain fungsinya untuk menurunkan berat badan, Asam Klorogenat pada kopi hijau juga dapat mengurangi tekanan darah. Menurut peneliian yang diterbitkan di tahun 2006 di Clinical and Experimental Hypertension menunjukan bahwa pasien yang mengkonsumsi 140mg ekstrak biji kopi perhari menunjukan penurunan tekanan darah. Selama ini belum ada efek samping yang dilaporkan oleh pasien, sehingga minuman ini dapat kita sebut sebagai cara yang aman untuk membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

4. Merupakan Antioksidan
Biji kopi mengandung beberapa zat antioksidan yang dapat mengurangi efek radikal bebas yang dapat merusak sel dalam tubuh. Fungsi pencegahan ini membuat anda lebih sehat dengna mengurangi jumlah kerusakan sel tubuh anda. Menurut penelitian pada bulan Juli 2004 dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, antioksidan Asam Klorogenat dalam biji kopi hijau dapat mencegah perkembangan empat jenis Sel Kangker, sehingga dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker.

Efek Samping dari Minum Kopi Hijau

Kopi Hijau mungkin aman ketika diminum dengan dosis yang tepat, yaitu maksimal sekitar 480mg perhari, selama maksimal 12 minggu. Ekstrak kopi hijau tertentu juga aman digunakan maksimal 200mg 5kali sehari dalam 12 miggu. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan, karena kopi hijau juga mengandung kafein mirip seperti kopi seperti pada umumnya. Oleh karena itu, ia juga menyebabkan efek samping terkait dengan kafein yang mirip dengan kopi.

Kafein dapat menyebabkan insomnia, gugup dan geliash, sakit perut, mual dan muntah, meningkatnya detak jantung dan pernapasan, dan efek samping lainnya. Mengonsumsi sejumlah besar kopi juga dapat menyebabkan sakit kepala, kecemasan, gelisah, telinga berdenging dan detak jantung tidak teratur.

Selain itu, mengonsumsi kopi ini juga memerlukan kewaspadaan dan peringatan khusus juka anda mendeita penyakit atau dalam kondisi tertentu karena diperkirakan akan memperburuk konsisi tersebut, seperti pada penderita :

  • Gangguan Kecemasan
  • Diabetes
  • Glaukoma
  • Sindrom Iritasi Usus
  • Tingkat Homosistein yang tinggi
  • Diare
  • Kolesterol Tinggi
  • Osteoporosis
  • Gangguan Pendarahan


Seperti kopi lainnya, kopi hijau juga tak baik jika dimunum berlebihan. Jadi terserah pada anda mau bertahan dengan kopi hitam biasa atau mau beralih ke kopi hijau, dan jangan terlalu sering ya. Demikian info Manfaat dari Minum Kopi Hijau dan Efek Samping Bagi Kesehatan.

NO SPAM Comment!
EmoticonEmoticon