10 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi Saat ke Jogja

10 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi Saat ke Jogja


Tempat wisata di jogja murah meriah terbaik yang wajib dikunjungi anda. Yogyakarta merupakan salah satu kota Wisata terbaik di Indonesia yang banyak dikunjungi oleh wisatawan asing. Yogyakarta juga mempunyai banyak tempat wisata yang menarik, apa saja tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi?

1. Jalan Malioboro

jalan maioboro jogja
Jl. Malioboro
Malioboro berupakan nama dari sebuah jalan di Yogyakarta. Jalan Malioboro ini sangatlah terkenal dan sudah menjadi yang utama tempat wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi, bahkan untuk berfoto di penanda jalan Malioboro saja kita sering kali harus mengantri terlebih dahulu. Nama Jalan Malioboro ini berasal dari bahasa Sansekerta dan mempunyai arti karangan bunga. Apa yang membuat Jalan Malioboro begitu Terkenal?

Jalan Malioboro menawarkan pengalaman wisata belanja dan wisata kuliner yang tak ada habisnya. Pada siang hari disepanjang Jalan Malioboro anda kan menemukan banyak selaki penjual pakaian, tas, sandal, gantungan kunci, kerajinan tangan, batik, aksesoris, dan barang-barang unik lainnya yang dapat dibeli dengan harga yang cukup murah. Sedangkan pada malam hari anda akan menemukan banyak sekali penjual makanan lesehan khas Yogyakarta di sepanjang Jalan Malioboro.

Hal yang paling disukai di Jalan Malioboro adalah adanya beberapa orang yang berpakaian unik, misalnya orang berpakaian seperti Prajurit, Pocong, Zombie dan lainnya. Kita dapat berfoto dengan mereka dengan biaya sukarela.

2. Candi Prambanan

candi prambanan di yogyakarta
candi prambanan
Candi Prambanan merupakan salah satu Tempat Wisata di Jogja yang wajib dikunjungi sebab Candi Prambanan merupakan kompleks candi Hindu yang terbesar di Indonesia. Selain itu juga dihiasai relief yang diukir mengelilingi Candi dan menceritakan kisah Sejarah Ramayana dan Khrisnayana. Candi Prambanan berlokasi kurang lebih 17 KM dari pusat kota Yogyakarta. Apabila tidak membawa kendaraan pribadi, untuk mencapai Candi Prambanan ini anda cukup menggunakan bus dan turun di halte Prambanan, sangat mudah untuk mencapai Candi Prambanan.

3. Goa Jomblang

Goa jomblang di jogja
goa jomblang
Goa Jomblang adalah sebuah Goa wisata yang berlokasi di Gunung Kidul Yogyakarta. Goa Jomblang merupakan Goa Vertikal yang mempunyai sebuah hutan purba didalamnya. Selain itu apabila anda datang ke Goa Jomblang pada jam 10 hingga jam 12 siang, anda kan dapat melihat cahaya yang menembus Goa yang sering di sebut Cahaya Surga. Keindahan dan Keunikan Goa Jomblang membuatnya menjadi salah satu Tempat Wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi.

4. Pantai Parangtritis

pantai parangtritis di yogyakarta
pantai parangtritis
Pantai Parangtritis adalah Pantai yang paling terkenal di kota Yogyakarta, sehingga Pantai Parangtritis layak disebut sebagai salah satu Tempat Wisata di Yogyakarta yang Wajib dikunjungi. Pantai Parangtritis berlokasi kurang lebih 25 KM di selatan pusat kota Jogja, Pantai Parangtritis adalah pantai yang berada di tepi Samudra Hindia sehingga mempunyai karakteristik ombak dan arus yang cukup besar dan kuat. Keunikan dari Pantai Parangtritis adalah adanya bukit pasir yang disebut Gumuk. Apabila anda ingin suatu pengalaman yang berbeda, anda dapat mencoba bermain paralayang yang adai di Bukit Parangndog-Pantai Parangtritis.

5. Arung Jeram Citra Elo

Arung Jeram Citra Elo di Jogja
Arung Jeram Citra Elo
Arung Jeram Citra Elo adalah salah satu Arung Jeram yang ada di Jogja. Arung Jeram Citra Elo paling cocok untuk keluarga atau pemula, karena arusnya yang tidak berbahaya bila dibandingkan dengan suang lain di sekitar Yogyakarta. Selain itu Arung Jeram Citra Elo juga dapat dimainkan kapan saja, tidak seperti sungai lain di Yogyakarta yang kebanyakan hanya dapat diarungi pada saat tertentu saja.

6. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta
Keraton Yogyakarta
Keraton Yogyakarta adalah salah satu Tempat Wisata yang Wajib dikunjugi saat pergi ke Jogja. Keraton Yogyakarta merupakan sebuah bangunan bersejaran kesultanan Yogyakarta yang ditinggali oleh Sultan dan keluarganya. Selain dapat menikmati arsitektur kesultanan kuno, anda juga dapat berkunjung ke museum yang mempunyai koleksi barang-barang kesultanan Yogyakarta yang sebagian merupakan hadiah dari Raja Eropa. Apabila anda ingin datang mengunjugi tempat wisata ini, datanglah pagi-pagi, karena Keraton Yogyakarta buka dari jam 8 pagi hingga jam 2 siang saja.

7. Kebun Binatang Gembira Loka

gembira loka zoo yogyakarta
Kebun Binatang Gembira Loka
Kebun Binatang Gembira Loka dalah sebuah Tempat Wisata Keluarga di Yogyakarta yang mempunyai banyak koleksi hewan dari berbagai tempat di dunia. Selain dapat melihat dan berinteraksi dengan berbagai jenis hewan disana seperti selayaknya kebun binatang pada umumnya, anda juga dapat bermain di beberapa wahana permainan yang terdapat di Kebun Binatang Gembira Loka. Wahana permainan yang ada di Kebun Binatang Gembira Loka yaitu  kolam tangkap ikan, sepeda air, ATV, perahu kayuh, menunggang gajah, menunggang unta, dan masih banyak lagi. Harga tiket masuk Kebun Binatang Gembira Loka adalah Rp. 25.000 per orang.

8. Gunung Merapi Jogja

Gunung Merapi Yogyakarta
Gunung Merapi Yogyakarta
Gunung Merapi Yogyakarta merupakan salah satu gunung disekitar Yogyakarta. Gunung yang paling terkenal di Yogyakarta adalah Gunung Merapi, dan merupakan salah satu lokasi favorit Pecinta alam yang hobi mendaki Gunung dan menikmati keindahan matahari terbit di puncaknya. Harga tiket masuk kawasan Wisata Gunung Merapi adalah Rp 3.000 per orang.

9. Candi Borobudur

Candi Borobudur jogja
Candi Borobudur
Candi Borobudur yang berlokasi di Magelang adalah salah satu Primadona Wisata di sekitar Jogja. Terkenal hingga ke berbagai belahan dunia, Candi Borobudur merupakan Candi Buddha yang paling besar di dunia. Candi Borobudur Berlokasi kurang lebih 40 KM dari Yogyakarta, saat ini masih dikunjungi oleh Biksu yang berziarah, karena Candi Borobudur adalah sebuah Monumen model dari alam semesta yang merupakan Tempat Suci. Untuk dapat masuk ke area Candi Borobudur ini, anda wajib menggunakan sarung yang dipinjamkan di pintu masuk. Candi Borobudur merupakan Candi yang mempunyai Relief dan patung Buddha terbanyak di dunia. Walau pun bukan berada di Yogyakarta, Candi Borobudur selalu didatangi oleh wisatan yang sedang berkunjung ke Jogja.

10. Istana Air Taman Sari


Istana Air Taman Sari adalah sebuah tempat Rekreasi dan Meditasi bagi keluarga kerajaan Yogyakarta pada jaman dahulu. Selain itu, Istana Air Taman Sari juga berfungsi sebagai benteng pertahanan terhadap musuh yang menyerang. Saat ini, Istana Air Taman Sari adalah salah satu dari Tempat Wisata di Yogyakarta yang terkenal keunikannya. Udara disekitar Istana Air Taman Sari juga sejuk karena terdapat banyak kolam buatan disertai dengan Kebun Bunga yang berbau harum. Harga tiket masuk Istana Air Taman Sari adalah Rp 5.000.

NO SPAM Comment!
EmoticonEmoticon