Cara Mengatasi Masalah pada Handphone Restart Sendiri

Tags

Cara Mengatasi Masalah pada Handphone Restart Sendiri

Cara Mengatasi Masalah pada Handphone Restart Sendiri

Cara mengatasi HP restart sendiri terus menerus tidak bisa masuk homescreen. Berbagai macam jenis merek smartphone Android seperti Samsung Galaxy, Lenovo, Asus Zenfone, Xiaomi, Smartfren Andromax, Evercoss, Infinix, Advan, Mito, Sony Xperia, Oppo, LG, Acer, dan merek smartphone Android lainnya pasti memiliki kelemahan baik di hardware maupun software. Namun yang paling dialami pengguna adalah pada sisi software sebab Android merupakan sistem operasi yang bersifat umum sehingga apa saja bisa terjadi pada sistem operasi yang satu ini.

Cara mengatasi masalah pada Handphone Android  Restart Sendiri dan apa penyebabnya. Jika Smartphone Android Sering Restart Sendiri apa yang harus kita lakukan? Pastinya hal yang pertama dilakukan adalah jangan panik sob, lalu hubungilah orang atau teman anda yang paham tentang handphone, khususnya Android. Sebab orang atau teman akan menganalisa dimana letak kesalahan yang terjadi, orang atau teman tadi pasti akan bertanya kepada anda sebelumnya mengapa handphone anda bisa menjadi error rebooting terus menerus. Cara yang tepat untuk Mengatasi Handphone Android yang Restart Sendiri.

Dan untuk mengatasi hal tersebut pasti Artikel ini membantu anda untuk Mengatasi Handphone Android yang Restart Sendiri dan bagaimana cara penanganannya, sebab internet pada jaman sekarang ini sudah gampang sekali untuk diakses, warnet sudah banyak, Smartphone sudah tersebar luas di seluruh pelosok negeri ini, lalu bagaimana Mengatasi Handphone Android yang Sering Restart ? Sebelum membahas lebih lanjut tentang hal ini, mungkin ada baiknya jika menjelaskan terlebih dahulu Apa Penyebab Handphone Android Sering Restart. Hal ini tentu akan sangat membatu anda dalam menganalisa dan mencegah terjadinya masalah yang sama kemudian hari.

Penyebab Handphone Android Restart Sendiri sebenernya sangatlah kompleks, terdapat banyak kemungkinan mengapa Handphone Android Restart terus menerus, salah satunya adalah crashnya aplikasi yang tidak compatible dengan sistem android yang sedang berjalan, ataupun bisa juga karena saling crashnya beberapa aplikasi sekaligus dalam handphone yang anda gunakan. Bisa jadi penyebab ternyadinya Booting Terus Menerus di handphone android anda adalah karena kesalahan sistem android itu sendiri, banyak kemungkinan untuk terjadinya hal tersebut, namun dibawah ini adalah hal yang sering ditemukan ketika mencoba memberikan info untuk Handphone Android yang sering restart sendiri

Penyebab Handphone Android yang Restart Sendiri

  • Ada aplikasi yang tidak compatible dengan sistem operasi android
  • Ada aplikasi yang crash/ rusak
  • Sistem android yang anda gunakan rusak atau ada bagian sistem yang hilang
  • Tidak bekerjanya salah satu aplikasi sistem yang terdapat di handphone android anda, karena ada aplikasi tertentu
  • Pengaturan sistem android yang keliru
  • Terlalu banyak aplikasi sehingga terlalu membebani RAM dan Prosessor HP
  • Terlalu banyak sampah cache yang tersimpan pada sistem android
  • Aplikasi atau sistem membutuhkan upgrade karena sudah terlalu usang
  • Ada virus berkeliaran di handphone android anda
Setelah anda ketahui beberapa Penyebab Handphone Android Restart Sendiri diatas tadi, masalah seperti ini sepele namun sangat mengganggu, bahkan beberapa pengguna bisa dibuat panik karena handphone mereka sering restart sendiri dan mengira handphone mereka telah mengalami kerusakan serius. Hal tersebut memang wajar dan kamu pun pernah mendapatkan handphone yang awalnya mengalami masalah restart sendiri, tapi karena tidak segera ditangani maka handphone tersebut mengalami kerusakan hardware dan membutuhkan pergantian salah satu hardware dari handphone tersebut.

Jadi jangan anggap sepele msalah ini, karena sistem dalah handphone android anda sudah memberitahukan dengan melakukan rebooting terus menerus bahwa sistem yang ada dihandphone tersebut butuh perbaikan karena ada sesuatu yang tidak semestinya, lalu Gimana cara menangani handphone android yang sering restart sendiri dengan baik dan benar? Seperti yang sudah dijelaskan di awal artikel, bahwa untuk menangani masalah ini yang pertama adalah konsultasi dengan orang atau teman yang paham, kemudian browsing atau cari informasi bagaimana cara mengatasinya. Jika masalah tersebut belum terselesaikan maka bawa handphone anda ke jasa service handphone terdekat yang anda percaya.

Ingat sebagai pengguna handphone android anda jangan terlalu berpangku tangan dengan jasa service handphone, karena handphone dengan sistem android memang sangat rentan mengalami masalah hang, lemot dan restart sendiri. Jika anda terus menerus berpangku tangan makan biaya untuk maintenance handphone android anda akan begitu besar, untuk mengerti bagaimana menangani handphone android yang bermasalah.

Cara Mengatasi handphone Android yang Restart Sendiri

Periksa Aplikasi yang Terinstal
Hal pertama yang harus anda lakukan adalah memeriksa aplikasi yang terinstal atau yang baru saja diinstal di handphone android anda, sebab kemungkinan besar aplikasi tersebut tidak compatible dnengan sistem android handphone anda, apalagi jika aplikasi tersebut tidak menginstallnya dari google playstore. 

Periksa Pengaturan Handphone Android
Apakah anda baru saja merubah pengaturan handphone android anda? Jika iya, maka ubahlah pengaturan tersebut ke semula. Pengaturan handphone android juga merupakan salah satu penyebab sistem android melakukan restart sendiri secara terus menerus, jadi hati-hatilah saat mengubah pengaturan pada handphone android anda.

Install Antivirus pada Handphone Android
Virs adalah musuh dari setiap sistem operasi terbuka seperti android dan windows pada laptop atau komputer, sistem tersebut mempunyai celah terbuka yang rentang dimasuki virus melalui browsing, transfer file dan penginstallan aplikasi yang tidak jelas sumber dan keamanannya.

Bersihkan Sampah Cache Handphone Android
Sebenernya memberihkan sampa cache ini harus kita lakukan secara berkala agar kinerja handphone android yang kita gunakan bisa selalu maksimal dan juga bisa meminimalisir munculnya masalah pada handphone android.

Jika cara diatas masih belum bisa memperbaiki handphone android yang suka restart sendiri, maka hal terahkir yang harus anda lakukan adalah lihat di bawah ini...

Solusi Terbaik Mengatasi Handphone Android Restart Sendiri

Factory Reset
Melakukan factory reset merupakan solusi terbaik mengatasi handphone android yang sering restart sendiri. Dengan melakukan hal ini anda bisa sekaligus membersihkan cache dan membuang aplikasi yang bisa menyebabkan handphone android anda melakukan restart sendiri.

NO SPAM Comment!
EmoticonEmoticon